29/07/17

Membekali Ragasastra



Kaget dan kecewa rasanya membaca paparan Tempo minggu ini. Yohanes Surya menghiasi lembaran liputan khusus kriminalitas. Dia dituding menyebarkan KTA bekedok beasiswa dan student loan kepada ratusan orang tua siswa Universitas Surya.

Angan-angan pak Surya menjadikan universitasnya sebagai kampus besar seperti Harvard University mungkin kini hanya mimpi yang mati. Ternyata, dari dua tahun beroperasi, STKIP Surya sudah berjalan lunglai. Kepintaran ilmu fisika dan visi-ambisi Yohanes Surya tak dibandingi dengan cara dia berstrategi. Secara bisnis dan keuangan yang dikelola.

Pak Surya mungkin lupa, kepintaran yang dia miliki tidak dibekali dengan pengalaman kerja sebagai pengusaha, bukan hanya "pembicara". Mungkin ini yang selalu di ingatkan orang tua kita. Ilmu sekolah tak pernah sama dengan realita, dunia kerja. 

Membekali anak dengan ilmu pendidikan menjadi keharusan bagi saya dan istri. Meskipun masih rencana jangka panjang, dulu, kehadiran pak Surya membawa banyak harapan untuk kami dan pastinya bagi bangsa Indonesia juga. Universitas Surya menjadi salah satu pilihan ide jika Ragasastra akan masuk perkuliahan nanti. Bekal ilmu fisika masuk daftar target pendidikan anak kami ini.

Kini pupus sudah harapan saya, istri dan mungkin pasangan keluarga lainnya. Surya mulai tenggelam. Memberikan kesan kelam. Sekarang, mungkin lebih baik, mari, mempersiapkan dulu bekal makanan anak untuk di sekolah. 


Siapkan cetakan muffin standar berlobang enam, lalu olesi dengan mentega. Potong roti tawar menjadi bulat dengan gelas tengkurap sebagai cetakannya. Lalu masukan roti yang sudah berbentuk bulat ke dalam cetakan muffin. Tekan perlahan, ratakan, dan rapihkan.

Simpan satu helaian tipis smoke beef, kemudian masukan telur ayam. Satu butir telur untuk satu cetakan. Lalu taburkan garam dan merica. Terakhir, panggang 20 sampai 25 menit di oven 375 derajat. Smoke beef bisa dibeli di banyak supermarket.

Cukil untuk mengeluarkan hasilnya. Masukan seperlunya ke kotak makan anak. Dua atau tiga juga sepertinya cukup, karena menurut saya satu saja bobotnya lumayan berat untuk perut anak. Boleh dibungkuskan juga mayonnaise atau barbecue sauce untuk cocolannya. Kalau tidak ada, saus tomat ABC juga oke.  (P)



· · ·