30/04/11

Serangan Fajar


Sir. Dandy bilang, "Sikat John!"


Bukan, saya bukan mau bercerita mengenai teman saya, Sir. Dandy, maupun idolanya, Chris John. "Slogan" terikini Achong—panggilan akrabnya—itu terngiang-ngiang terus dan nempel di kepala seperti prangko. Jadinya meng-inspirasi saya untuk melakukan serangan hebat dalam ritual sarapan.

"Sikat John!"

Maka, kemarin, di pagi yang terik, saya berkeinginan untuk menghajar perut ini dengan sesuatu yang mengenyangkan. Sangat. Sangat mengenyangkan pada akhirnya, hahaha. Bagaimana tidak, sajian sarapan ini terdiri dari komponen-komponen yang memang secara satuannya sudah sangat padat dan "kaya".

Lagi-lagi, diluar duagaan; sungguh menggiurkan. Lezat! Dan membuat waktu makan siang saya pun molor beberapa jam karena masih terasa kekenyangan. Perut saya benar-benar disikat habis.


Roti Panggang Pisang dan Selai Anggur ala Prancis 
Diadaptasi dari buku Jamie's Dinners (dengan perubahan dimana-mana, hehehe).

Setangkap roti gandum
1 pisang
2 telur ayam
Madu
Selai anggur
Caster sugar
Butter
Selai coklat (Nutella dong!)
Caramel syrup
Whipped cream
Garam
Buah-buahan segar

Potong tipis-tipis pisang, simpan di atas sebuah roti. Masukan selai anggur, beri caster sugar dan madu. Tutup dengan roti satunya lagi. Kocok dua telur, kasih sedikit garam, lalu "selimuti" roti dengan kocokan telur ini untuk "merekatkan" isi dan rotinya. Sebenarnya kita bisa memasukan semua jenis buah-buahan, beraneka ragam selai, atau apapun yang disuka ke dalam isian roti ini. Sikat John!


Panaskan sebuah wajan, masukan sedikit butter. Goreng roti yang sudah disiapkan tadi. Selesai sudah! Mudah dan cepat kan? Sajikan dengan guyuran madu, taburi caster sugar, dan temani dengan buah-buahan. Sikat John!


Dalam penyajian ini saya terinspirasi sekali dengan penampakan-penampakan makanan di rumah makan Ocha & Bella, Jakarta. Di atas alas kayu datar, saya merasakan sebuah sensasi yang berbeda ketika seminggu yang lalu menghabiskan malam akhir pekan disana. Keren gak? Hahaha. Saya pakai talenan! Hahaha.