02/05/11

Pria Punya Selera



Disaat hujan melanda, hasrat nge-bakso pun menerpa. Tetapi apa mau dikata, malu rasanya, sendirian datang ke tukang bakso nongkrong bersama eceu-eceu dan neneng-neneng drama. Ujung-ujungnya noodle gingred chicken bang Jamie Oliver saya rombak jadi berkuah.

Mie Ayam Jahe Cabe Rawit
Adaptasi dari Jammie's Dinners

Resep ini sudah berkali-kali saya masak. Sangat mudah. Dan inilah yang menjadi salah satu sajian di acara masak dengan teman-teman sebulan yang lalu. Hanya saja, tadi, saya membuatnya berkuah. Biasa, ngarang, hahaha. Sok-sok-an eksperimen.

Daging ayam bagian dada, potong kotak-kotak
Mie telor
Jahe segar, iris tipis memanjang
Cabai tanjung, iris
Cabai rawit, iris
Bawang merah, iris
Bawang daun, iris
Seledri
Five-spice powder
Soy sauce
Madu
Garam dan merica
Minyak kelapa

Rebus mie dalam sebuah panci. Sambil menunggu mie matang, panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak kelapa, goreng bawang merah. Lalu masukan daging ayam, jahe, dan cabai tanjung. Campurkan ketiga bahan tersebut, lalu masukan five-spice. Ketika daging ayam sudah kecoklatan, tambahkan bawang daun, soy sauce, cabai rawit, dan madu.

Tiriskan mie yang sudah matang. Masukan ke dalam wajan yang terisi daging ayam, tambahkan garam dan merica. Aduk sampai merata, lalu tambahkan segelas air mineral. Diamkan selama beberapa menit, setelah mendidih, aduk kembali. Selesai sudah. Sajikan dengan taburan seledri.

Olahan mie ini menemani saya sore tadi. Untuk urusan rasa, jangan ditanya, hahaha. Enak! (hahaha, kepercayaan diri-nya sedikit muncul berlebih). Selain panas karena dari memasak langsung disantap, mie ini menghangatkan tubuh juga karena ada jahe-nya. Si kuah muncul berbeda. Ada rasa unik yang tersampaikan dari five-spice powder. Ini adalah bumbu bubuk dari lima rempah-rempah yang meliputi rasa asin, manis, asam, pahit, dan pedas. Saya baru mengenalnya lewat buku-buku bang Jamie. 

Harus dicoba! Benar-benar "mie bakso" tanpa bakso yang berbeda.