27/03/11

Seratus Satu

Buku ini menjadi salah satu kitab wajib saya dalam memasak. Dibeli setahun yang lalu ketika saya belum benar-benar terjun ke arena dapur. Entah kenapa, sejak dulu saya kadang membeli buku yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan pekerjaan ataupun hidup saya, hehehe. Mungkin latar belakang di dunia desain yang membuat saya selalu tertarik dengan "keindahan" atau suatu hal yang sifatnya "enak dipandang".

Saya membeli "101 Things I Learned in Culinary School" di toko buku (ak.'sa.ra) Jakarta. Banyak hal yang dapat dipelajari dalam buku ini. Dari pengetahuan mengenai jenis-jenis pisau dan cara menggunakannya, cara memperlakukan lobster, cara memilih daging sapi yang baik, sampai pengetahuan mengenai mengeringkan bumbu dasar.

Hmmm, sebenarnya sih buku ini lebih mengarah kepada ilmu kinerja seorang koki di dapur sebuah restoran. Agak kurang sesuai dengan alasan kegemaran memasak saya, karena bukan target saya untuk menjadi seorang koki handal, hehehe. Ya tapi semua isi dalam buku ini adalah ilmu bagi saya yang baru mengenal dunia masak-masakan. Lumayan menjadikan saya seperti orang yang baru lulus kuliah dari sekolah kuliner :)