25/08/11

Sial, Saya Cinta Indonesia!


Sial karena saya (sebenarnya) benci dengan pemerintahan di Indonesia. Jujur saya mengatakan ini.


Seperti biasa, ya sudah lah, tidak perlu "diperdebatkan" lagi mengenai tarik-urat dengan pemerintahan. Pada akhirnya kita harus "mengalah". What can we expect from the government? Let's start the movement with our self. Kita harus melakukan yang terbaik untuk diri kita. Biarlah negeri ini menjadi kebanggaan kita sendiri. Biarlah negeri ini semakin bisa kuat bertahan dengan rasa cinta yang kita miliki. Biarkanlah diri kita semakin mengakar. Dan (mungkin) tak perlu lah kita lantang berkelekar.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk menjamu sebuah tim majalah yang hebat, Clara, tepat di bulan mereka sedang berulang tahun. Maka saya mengundang mereka (sekitar 20 orang, kalau tidak salah) untuk merayakan hari jadinya secara sederhana, makan makananan nusantara dengan sentuhan yang sedikit berbeda.

Proudly Indonesia. Itulah pernyataan yang selalu mereka sampaikan. Dan saya setuju akan hal itu. Saya menjadikan wacana tersebut sebagai ide dasar dari masakan yang saya hadirkan. Membuat masakan Indonesia dengan penuh "pelintiran". Sirloin Sambal Goang, Tuna Pesmol, Pepes Udang Gulung Daging Asap, Sop Gurame, Karedok, Bala-Bala, dan Jamur-Bayam Goreng Tepung. Tidak lupa penutupnya, saya membuat Peyeum Bakar Es Krim Kelapa dan Pisang Goreng Gula Merah.


Perjamuan kali ini diadakan di Maja House, dimana saya dibantu dengan baik oleh chef Yuyus yang sangat ramah. Saya cukup terharu ketika beliau dengan tulus mengarahkan dan ikut membimbing sajian yang saya masak. Terima kasih saya ucapkan untuknya dan untuk Giri-Upay dari pihak manajemen Maja House yang telah memberikan izinnya sehingga perjamauan tersebut bisa terjadi.

Sop Gurame
-
1 ikan gurame tanpa tulang
2 potong kunyit, iris
2 siung bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
1 batang sereh
2 lembar daun salam
6 biji cengkeh
3 biji kapol
¾ bawang bombay, iris
1 tangkai kemangi
2 buah tomat hijau, iris
4 biji cabai rawit merah
1 sendok teh garam
-
Panaskan wajandengan sedikit minyak kelapa—oseng kunyit, bawang merah, bawang putih, sereh, kemangi, lalu beri genangan air, diamkan sebentar sampai air mendidih. Setelah itu masukan ikan gurame, cabai rawit, kapol, cengkeh, tomat hijau, dan garam. Aduk perlahan disaat air semakin mendidih, tunggu beberapa saat sampai ikan gurame terlihat matang. Selesai.

Jamur dan Bayam Goreng Tepung
-
½ ons bayam
½ kg jamur putih
1 kg tepung
1 butir telor
1½ sendok teh garam
-
Petik daun bayam dari batangnya, lalu suwir jamur putih. Dalam sebuah wadah, masukan telur, air, dan garam, lalu aduk. Celup daun bayam dan suwiran jamur putih ke dalam adonan telur tadi, lalu masukan ke dalam wadah yang penuh tepung, bolak-balik sampai tepung tersebut nempel merata di badan daun bayam dan suwiran jamur. Lalu goreng dalam sebuah wajan berisi penuh minyak sawit panas.

Karedok
-
¾ toge
¾ kol, iris
6 batang kacang panjang, iris
2 batang timun, iris
2 buah terong, iris
1 buah paprika, iris
1 ons kacang tanah, goreng sampai matang
½ gandu gula merah
2 siung bawang putih
½ biji terasi
1 biji kencur
2 cabai rawit
3 lembar daun kemangi
2 cabai tanjung
1 sendok teh garam
Emping goreng
-
Ulek dengan merata gula merah, bawang putih, kencur, cabai rawit, terasi, garam, cabai tanjung, kacang tanah. Beri sedikit air supaya tidak terlalu mengental. Lalu masukan toge, irisan kol, irisan kacang panjang, irisan timun, irisan terong, irisan paprika. Aduk semua irisan tersebut dalam ulekan kacang tanah. Sajikan segera.
  
Tuna Pesmol
-
Potongan ikan tuna tanpa tulang
2 potong kunyit
6 biji bawang putih
8 biji bawang merah
1 tangkai sereh
½ ons tepung
1 tangkai kemangi
5 biji kemiri
1½ sendok teh garam
-
Campur dalam sebuah blender; kunyit, bawang putih, kemiri-bawang merah (yang sudah digoreng dulu). Masukan hasil campuran blender tadi ke dalam sebuah wajan, beri sedikit air, lalu masukan sereh-kemangi-garam-ikan tuna (yang sudah setengah matang digoreng terlebih dahulu). Aduk perlahan, sampai mendidih, lalu sajikan.

Sirloin Sambal Goang
-
Potongan daging sapi bagian sirloin
½ ons cabai hijau
1 batang cikur
1 sendok teh garam
-
Ulek cabai hijau, cikur, dan garam. Panggang daging sapi dengan kondisi medium-well. Simpang ulekan cabai di atas dagingnya.

Bala-Bala
-
½ kg terigu
½ kepala kol, iris memanjang
2 batang wortel, iris memanjang
1 butir telor
1½ sendok teh garam
-
Dalam sebuah wadah, masukan tepung terigu, garam, telur, aduk sampai merata. Lalu masukan irisan kol dan wortel. Goreng dalam sebuah wajang yang terisi penuh minyak sawit panas.

Pepes Udang Gulung Daging Asap
-
Udang, kupas
Daging asap, potongan memanjang
2 batang kunyit
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 cabai tanjung
4 biji kemiri
1 sendok teh garam
1 tangkai bawang daun
1 daun kemangi
-
Ulek atau campurkan dalam blender; kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai tanjung, garam, dan sedikit air (supaya mengental). Gulung udang dengan daging asap. Sediakan daun pisang sebagai pepesan, simpan gulungan udang daging asap di dalamnya, guyur dengan campuran atau ulekan bahan-bahan tadi. Simpan daun kemangi dan bawang daun di atasnya. Lalu pepes selama kurang lebih 20 menit.


Fotografi oleh Adha Togi