27/07/11

Sariwangi


Kesan dan kenangan tentu tidak dapat mudah dilupakan begitu saja. Mengenai apapun itu. Kenangan pertama kali mengenal seks, kenangan mengenai percintaan yang setengah monyet, pun kenangan mengenai rasa sebuah makanan. Apalagi bila makanannya enak, tentu bayangan mengenai si rasa akan menempel terus seperti perangko dalam ingatan.


Dulu, selalu ada masakan istimewa di era masih menjadi mahasiswa. Dikatakan mewah, karena hanya dengan beberapa lembar uang ribuan seringkali kita mendapatkan sejumlah hidangan yang luar biasa enak dan mengenyangkan.

Awal tahun 2000-an, saat menghabiskan masa kuliah di Bandung, saya berkenalan dengan Warung (Nasi) Sariwangi atau sering disingkat Sarwang. Berlokasi di belakang Universitas Parahyangan Bandung, warung ini tak jarang menjadi pilihan saya bersama teman-teman untuk makan siang ataupun malam.

Sariwangi tempatnya tidak terlalu besar, cenderung sempit sebenarnya. Mau makan disini saja kadangkala saya harus mengantri untuk mendapatkan kursi. Dan konon sampai sekarang pun Warung Sariwangi masih selalu penuh. Hebat. Bangga saya rasanya ikut merasakan perjalanan warung itu.

Bagi saya, yang menjadi unggulan di Warung Sariwangi yaitu Ayam Bumbu Rujak. Dengan bahan utama ayam goreng maupun bakar yang diguyur saus cabai rujak kental nan pedas. Ditemani nasi putih panas, Ayam Bumbu Rujak ini tanpa banyak aksi selalu dapat memuaskan lidah dan perut saya.

Beberapa kali saya mengunjungi kembali Warung Sariwangi, namun entah kenapa, seringkali waktunya selalu tidak tepat. Entah itu belum buka, sudah tutup atau bahkan kehabisan. Atau entah, sekarang, Ayam Bumbu Rujak Sariwangi ini bukan jodoh saya lagi?   

Kesal karena sampai saat ini masih belum bisa merasakan kembali ayam andalan Warung Sariwangi, akhirnya saya memutuskan untuk memasaknya sendiri. Hmmm, rasanya tidaklah sulit untuk mewujudkan Ayam Bumbu Rujak itu, meskipun memang mengenai rasa akan sedikit berbeda. Yang terpenting dari sebuah bumbu rujak, kan, percampuran manis dan pedas. Jadi ya sudah, saya putuskan saja untuk membuatnya. Sangat sederhana.